Digital Agency Jakarta - Bagaimana Peran DigitalMarketing Untuk Tokopedia
Manfaat internet
semakin dirasakan oleh para pelaku bisnis. Dengan Internet, bisnis dapat
dijalankan secara online untuk menjangkau wilayah yang lebih luas tanpa
terhalang oleh jarak. Kemudian nama E-Business menyebabkan penjualan revolusi
dari sistem manual atau konvensional ke sistem digital atau modern. E-Bisnis
mencakup area yang lebih luas daripada e-commerce, perusahaan dapat
berinteraksi langsung dengan pelanggan atawu mitra bisnis mereka. Ini membawa
kemudahan bagi pihak yang berbeda. Apalagi dengan merebaknya pandemi virus
corona yang telah menjadi pandemi penyakit global di dunia. Ada juga yang
menggunakan Digital Agency Jakarta
untuk membantu bisnis mereka.
![]() |
| Digital Agency Jakarta |
E-Commerce merupakan
bagian dari e-business, dimana cakupan e-commerce lebih luas,
tidak hanya perdagangan tetapi juga mencakup kerjasama mitra bisnis, layanan
pelanggan, dari mulut ke mulut, tawaran pekerjaan, dll. Selain teknologi www,
e-commerce
juga memerlukan teknologi basis data atau basis data (database), surat
elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer lainnya seperti sistem
distribusi barang, barang dan alat pembayaran untuk ini. perdagangan
elektronik. Tokopedia merupakan salah satu tempat yang menggunakan internet
untuk berjualan secara online.
Tokopedia merupakan
salah satu dari perusahaan bisnis digital terbesar di Indonesia. Sejak
diluncurkan secara resmi, PT. Tokopedia telah berhasil menjadi salah satu dari
perusahaan internet Indonesia yang berkembang pesat. Dengan mengoperasikan
pasar online dan model bisnis mal, Tokopedia memberdayakan setiap individu,
Toko-toko kecil dan merek membuka dan mengelola toko online. Sejak diluncurkan
hingga akhir tahun 2015, layanan dasar Tokopedia dapat digunakan secara gratis.
Tokopedia memiliki visi “Membangun Indonesia yang lebih baik melalui Internet”,
Tokopedia memiliki program untuk membantu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah
(UMKM) dan individu mengembangkan bisnis mereka dengan melanjutkan memasarkan
produk secara online. Tokopedia juga dilengkapi mesin pencari yang memudahkan
mendapatkan barang yang diinginkan terdapat juga fitur direktori yang dapat
dimanfaatkan sebagai catalog belanja. Tokopedia bekerjasama dengan agen
pengiriman besar di Indonesia yang mempermudah untuk memeriksa status
pengiriman barang.
Berikut beberapa
kemudahan dan keuntungan bagi pembeli dan penjual dalam transaksi belanja
online di Tokopedia diketahui sebagai berikut:
●
Tidak menyita
waktu dan energi untuk membeli dan mempromosikan produk.
●
Terdapat fitur
bagi penjual untuk melakukan promosi produk melalui media sosial.
●
Membuka
peluang bisnis bagi yang ingin membuka toko
●
Produk yang
Anda butuhkan untuk menemukan sangat mudah hanya dengan aplikasi pencarian
artikel.
●
Sistem
pembayaran yang nyaman.
●
Transaksi
cepat dan detail dilaporkan melalui rekening pembeli.
●
Harga produk
murah dan mudah didapat.
●
Produk yang
dibeli dapat diganti atau dibatalkan jika Anda belum mengkonfirmasi pembayaran
Berkat perannya
dalam perkembangan bisnis online di Indonesia, PT Tokopedia selanjutnya meraih
penghargaan Marketing Award 201 bidang e-commerce pada konferensi MarkPlus 2015
yang diadakan pada 11 Desember 2014 . Keberhasilan ini tentunya tidak terlepas
dari strategi pemasaran yang dirancang oleh Tokopedia. Berikut beberapa
strategi pemasaran yang telah dilakukan Tokopedia :
- Mengikuti tren pada
sosial media
Strategi pemasaran yang dipimpin oleh
Tokopedia menggunakan jejaring sosial. Tokopedia terkenal aktif di media sosial
seperti Instagram dan lainnya. Tokopedia juga mengikuti tren live streaming di
Instagram, IG tv, juga story.
- Menggunakan brand
Ambasador untuk mendukung produk
Salah satu brand Ambassador Tokopedia adalah
Chelsea Island. Brand Ambassador dapat menjadi strategi pemasaran yang
menjanjikan karena dapat menarik lebih banyak orang untuk menggunakan produk
tertentu. Itu juga membuat perusahaan lebih dapat dipercaya.
- Memberikan apresiasi
apresiasi kepada para penjual yang aktif
Tokopedia merupakan salah satu situs
e-commerce yang sering mengapresiasi seller yang berperan aktif di platformnya.
Umpan balik diberikan dalam bentuk klip video kepada penjual yang sukses.
- Berperan aktif dalam
berbagai event
Tokopedia juga terkenal dengan mengikuti
sejumlah acara, salah satunya adalah acara rutin yang diikuti Tokopedia yaitu
Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas. Tokopedia sendiri juga mengalami
beberapa kendala selama event ini berlangsung seperti refund, hadiah bahkan
flash sale.
- Memberikan beberapa
loyalty gift untuk para konsumen
Hal ini biasanya dilakukan oleh Tokopedia, dalam mengelola media
sosial. Tujuannya agar konsumen merasa puas dan tertarik untuk berbelanja lagi
di Tokopedia.
Untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi strategi
penjualan dan pemasaran
di Tokopedia, yang harus dilakukan adalah meningkatkan layanan konsumen dengan
penjualan yang aman dan terpercaya dengan Tampilan gambar produk sesuai dengan
kondisi sebenarnya dari produk dan memberikan respon yang sesuai. lebih cepat
dari toko ke pesanan dan keluhan pelanggan. Selain itu, website Tokopedia tidak
hanya memasarkan untuk mencari keuntungan, tetapi juga mendorong dan menarik
minat individu untuk berbisnis, seperti iklan televisi yang ditampilkan di samping iklan di website
Tokopedia berjudul "Create Your Opportunity". Jika perusahaan anda
membutuhkan jasa iklan online Jakarta atau Digital Agency Jakarta, dapat
menghubungi kami melalui Whatsapp 081294795042.

Komentar
Posting Komentar