Digital Agency Jakarta - Digital Marketing di Era Pandemi, Apakah Efektif? Yuk Baca Artikel Ini Sampai Habis
Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang signifikan terhadap perubahan
aktivitas kehidupan masyarakat dunia termasuk Indonesia. Selain dampak pada
kesehatan yang memburuk, pandemic Covid-19 juga berdampak pada perekonomian
Indonesia. UMKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional mengalami dampak
serius, terutama bagi pelaku UMKM yang mengalami penurunan penurunan
produktivitas yang berakibat pada penurunan profit secara signifikan (Sanjaya
et al., 2021). Di masa pandemi mobilitas masyarakat yang terbatas, namun
pemenuhan kebutuhan tetap berjalan menjadikan daya beli masyarakat terbatas.
Kemudahan di era digital ini sangat membantu dalam pemenuhan kebutuhan dengan
meminimalisir mobilitas. Kecenderungan perilaku konsumen Indonesia yang merujuk
pada pembelian digital dan online dalam beberapa tahun belakangan ini. Digital
marketing menjadi efektif, berhubungan pula dengan daya pakai masyarakat akan
internet yang tinggi, hal ini mendorong perkembangan yang pesat pada dunia
digital marketing. Hal ini menjadi sangat efektif untuk memaksimalkan digital
marketing dan bisa menggunakan Digital Agency Jakarta karena di masa pandemi dimana mobilitas dibatasi,
maka akan terfokus pada digital.
![]() |
| Digital Agency Jakarta |
Menurut Sanjaya et al. (2021) menjelaskan digital marketing pemasaran
digital merupakan strategi pemasaran yang menggunakan perangkat elektronik
untuk mempromosikan suatu brands kepada konsumen. Dalam prakteknya digital
marketing biasanya mengacu pada kampanye pemasaran yang dikemas dalam berbagai
bentuk seperti online video, iklan bergambar dan postingan sosial media.
Digital marketing di satu sisi memberikan kemudahhan bagi pelaku usaha untuk
memonitor dan menyediakan segala kebutuhan dan keinginan bagi calon konsumen,
begitupun sebaliknya dari sisi calon konsumen adanya digital marketing memberi
kemudahan dalam mencari dan mendapatkan informasi dari suatu produk yang
diinginkan tanpa perlu untuk mengunjungi toko secara langsung (Mileva & DH,
2018). Digital marketing memiliki keuntungan pasti diantaranya, biaya marketing
yang terjangkau, dapat di publikasikan dengan luas dalam waktu singkat, traffic
yang tinggi di masa pandemi, lalu proses lebih cepat dibanding dengan marketing
konvensional, dapat menarik banyak konsumen dalam satu waktu, lebih mudah dalam
riset untu pengembangan bisnis dan lain-lain (Supangat, 2021).
Bagi pelaku UMKM, pemanfaatan digital marketing menjadi solusi paling
tepat untuk bertahan ditengah pandemi covid-19 baik pemanfaatan dalam melakukan
pemasaran maupun transaksi online, pendekatan pada era digital ini semua
layanan berbasis teknologi. Teknologi yang muncul salah satunya meningkatnya
aktivitas melalui jejaring sosial (Merida et al., 2021). Salah satu alat
digital marketing yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM ialah sosial media
Instagram, Twitter dan Youtube. Dalam pemanfaatan digital marketing juga
dilakukan dalam berbagai platform e-commerce, seperti Shopee dan Tokopedia.
Masa pandemi Covid-19 saat ini memberikan
perubahan yang signifikan dalam aktivitas masyarakat, hal ini juga yang
mendorong pelaku bisnis UMKM untuk terus meningkatkan bisnisnya dengan
memanfaatkan teknologi internet. Pemasaran melalui sosial media menawarkan satu
kesempatan besar bagi pengusaha baik bagi bisnis kecil, perusahaan menengah dan
perusahaan besar untuk membangun brand dan bisnis mereka (Gunelius, 2011).
Berdasarkan penelitian dari Sanjaya et al. (2021) meneliti Kopi Tan yang
merupakan salah satu UMKM yang juga telah memanfaatkan platform digital,
sepertiInstagram. Penerapan iklan Kopi Tan melalui instagram ads berlangsung
selama 4 hari sejak 6 Agustus – 10 Agustus 2021 dengan budget maksimal Rp.
120.000. Pemilihan tempat penampilan iklan yaitu pada Instagram stories dengan
menyematkan link URL yang terhubung langsung pada beranda instagram KopiTan.
Hal ini memberikan dampak yang baik bagi digital marketing akun instagram Kopi
Tan.
Diatas merupakan keefektivitasan penggunaan digital marketing
dalam masa pandemic ini. Jika ingin mencari Digital Agency Jakarta, bisa hubungi kami lebih lanjut
081294795042.

Komentar
Posting Komentar