Jasa Iklan Google Jakarta - Mengenal Sedikit Tentang Churn Rate dan Cara Mengatasi Churn Rate



Apakah Anda memiliki bisnis saat ini dan hanya berfokus untuk meningkatkan penjualan? Tentunya sebagai pelaku usaha pasti selalu berfokus pada pelanggan baru, semua strategi usaha pemasaran mulai digunakan, mulai dari menggunakan Jasa Iklan Google Jakarta, Search Engine Optimization (SEO), Email Marketing, Social Media Marketing, dan sebagainya. 


Churn rate benchmarks: How high is too high? - Nextommerce
Jasa Iklan Google Jakarta


Namun, apakah Anda pernah memikirkan tentang seberapa lama pelanggan tersebut tetap menggunakan produk atau layanan bisnis Anda? Di dalam dunia marketing, customer churn rate merupakan persentase pelanggan yang berhenti menggunakan bisnis Anda. 


Pelanggan memang bisa datang dan pergi, tetapi kalau yang meninggalkan bisnis Anda terlalu banyak, maka keberlangsungan bisnis Anda akan terancam. Itulah mengapa Anda harus memperhatikan churn rate untuk membantu bisnis Anda agar berjalan dengan baik. 


Lalu apa itu churn rate, mengapa churn rate penting, bagaimana cara mengatasinya, apa penyebab churn rate. Daripada penasaran, yuk cari tahu apa itu churn rate pada artikel di bawah ini.



Pengertian Churn Rate


Churn rate merupakan persentase banyaknya konsumen yang berhenti menggunakan produk atau layanan yang Anda jual. Menghitung churn rate sangat penting karena dapat membantu Anda untuk mempertahankan pelanggan dengan baik. Terutama, untuk bisnis yang menjual produk dengan sistem berlangganan. 


Churn rate dapat dihitung dari segi Customer Churn Rate (kehilangan pelanggan) atau Revenue Churn Rate (pendapatan perusahaan). Keduanya merupakan hal penting untuk menilai apakah bisnis yang sedang Anda jalankan mendapatkan profit yang besar atau tidak.


Apakah Churn Rate Penting?


Churn rate sangat penting bagi bisnis karena persentase pelanggan yang hilang akan memengaruhi growth rate perusahaan. Mengutip dari laman CleverTap, mendapatkan pelanggan baru secara umum akan lebih mahal 5-25 kali lipat jika dibandingkan dengan mempertahankan pelanggan lama. Mempertahankan pelanggan dapat dipercaya memiliki dampak positif terhadap growth rate daripada memperoleh pelanggan yang baru.



Penyebab Churn Rate


Organic flat customer support illustration Free Vector


Berikut adalah beberapa faktor terjadinya churn rate:


  1. Harga yang Tidak Sesuai


Harga menjadi salah satu hal penting dalam menentukan keputusan pembelian konsumen. Jika harga yang ditawarkan tidak sesuai dengan kualitas yang didapatkan, maka pelanggan tidak ingin membeli produk atau layanan yang Anda jual.


  1. Pelayanan dan Produk Kompetitor Lebih Unggul


Sebelum memutuskan pembelian suatu produk, tentunya konsumen akan membandingkan produk Anda dengan beberapa brand yang berbeda. Biasanya yang mereka bandingkan adalah kualitas produk, kualitas pelayanan, kelebihan produk, harga produk, dan lainnya. Jika kompetitor memiliki kualitas produk yang lebih baik dan harga yang mereka tawarkan tidak jauh berbeda dengan produk Anda, maka konsumen tidak akan ragu untuk membeli produk tersebut ke kompetitor.


  1. Produk Tidak Meningkatkan Kualitas


Awalnya, produk atau layanan Anda memiliki kualitas yang baik. Namun, apabila kualitas tersebut tidak dapat dipertahankan, tentunya mereka tidak akan membeli lagi  produk atau layanan yang Anda jual.


  1. Tampilan UX Tidak User-Friendly


Website bisnis online bisa menjadi aktivitas bisnis yang membantu konsumen untuk melakukan transaksi pembelian dengan mudah. Sayangnya, masih banyak beberapa website yang tidak memperhatikan tampilan dan tidak memperhatikan kemudahan pengguna saat berkunjung ke website Anda. Jika pengguna merasa tidak nyaman saat berkunjung ke website Anda, maka mereka tidak akan kembali ke situs Anda setelah merasakan user experience yang kurang.


Cara Mengatasi Churn Rate

  • Memahami Penyebab Churn Rate

  • Membangun Strategi Community Marketing

  • Mempertahankan Pelanggan Setia

  • Menjadi Proaktif

  • Meningkatkan Kualitas Produk dan Layanan

  • Fokus Kepada Kebutuhan Pelanggan

  • Memperhatikan Pesaing

  • Menjual Produk ke Target Pasar yang Tepat


Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai apa itu churn rate, mengapa churn rate penting, apa penyebab churn rate, dan cara mengatasi churn rate. Setelah mengetahui churn rate merupakan hal yang harus dihindari saat Anda melakukan bisnis, semoga informasi di atas dapat membantu Anda mencegah terjadinya churn rate. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca. Jika Anda memiliki bisnis dan ingin menggunakan bantuan jasa Jasa Iklan Google Jakarta. Anda dapat konsultasikan langsung bersama pakarnya GRATISSS di nomor 081294795042.

 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yuk Ketahui Apa Saja Komponen Search Engine Marketing