Jasa Iklan Online Jakarta - Pengaruh Shopee Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Di Era Pandemi Covid-19
Pandemi COVID-19 saat ini telah menghambat semua aktivitas manusia. Penyebaran virus yang semakin meningkat disebabkan oleh penularan kontak orang ke orang, sehingga pemerintah secara proaktif mengadopsi kebijakan penegakan social distancing. Sejak muncul pada akhir tahun 2019 hingga, Covid19 atau Corona virus tidak hanya berdampak pada kesehatan manusia, tetapi juga berdampak pada bidang lain, yaitu sektor ekonomi terkait dengan melibatkan perusahaan di banyak bidang . Ada industri yang tiba-tiba meledak, seperti platform digital dan layanan kesehatan. Namun, banyak juga industri yang malah redup oleh karena tidak dapat beradaptasi dengan situasi krisis saat ini. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi , terutama di abad 21, membawa inovasi ke dunia bisnis, khususnya di bidang pemasaran yang dikenal dengan digital marketing dan bisa menggunakan Jasa Iklan Online Jakarta
![]() |
| Jasa Iklan Online Jakarta |
Mengutip dari situs
Tirto.id, jumlah penggunaan e-commerce meningkat dari menjadi 38,3% selama
pandemi Covid19, di mana di antaranya dimulai dari Januari hingga Juli 2020.
Peningkatan penggunaan e-commerce ini tak lain adalah karena perubahan perilaku
konsumen untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari selama hari dengan berbelanja
online, khususnya selama periode pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Dari
data yang ada, dapat disimpulkan bahwa media online dapat menjadi solusi bagi
para pengusaha untuk mempertahankan usahanya dalam konteks pandemi Covid19.
Perkembangan industri ekonomi digital saat ini telah memungkinkan sekitar
e-commerce berhasil mempertahankan eksistensinya di tengah pandemi Covid19.
Beberapa faktor dapat mempengaruhi preferensi pembelian konsumen, misalnya
kombinasi merek menggambarkan bagaimana mewakili perusahaan, merek atau variasi
produk, berkomunikasi dengan pelanggan tentang cara menggunakan media digital
sebagai ruang iklan, seperti Shopee telah menjadi e-commerce dengan pengunjung
situs bulanan tertinggi di Indonesia.
Shopee adalah pasar
Singapura, dan mulai berekspansi ke Asia Tenggara dari pada tahun 2015, termasuk
Indonesia. Apalagi dalam perjalanannya, tahun kemudian, Shopee telah meningkat
menjadi pasar terbesar ketiga di Indonesia. Kunjungan bulanan Shopee telah
mencapai 74.995.300 dalam tahun terakhir. Marketplace, anak perusahaan SEA
Group, mampu menarik perhatian konsumen di Indonesia melalui kampanye yang
melibatkan selebriti internasional seperti Blackpink. Dikutip dari situs
Databoks , data iPrice menunjukkan bahwa Shopee menerima 71,5 juta kunjungan
pada kuartal pertama tahun 2020. Diikuti oleh Tokopedia dan Bukalapak
dengan dengan masing-masing 69,8 juta
dan 37,6 juta kunjungan. Dengan kampanye berbeda yang dilakukan oleh Shopee,
total pesanan platform Shopee meningkat dari 150,1% menjadi 615,9% pada Q2
2020, berdasarkan aktivitas Shopee di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura,
Thailand, Vietnam, Taiwan dan Brasil.
Berdasarkan hasil dari
pembahasan diatas, diketahui bahwa ada 7 strategi yang dapat dilakukan untuk
meningkatkan strategi digital marketing Shopee, yaitu:
1. Menggunakan model iklan yang sedang populer di masyarakat
Metode pemasaran
terpenting di Shopee adalah menggunakan public figure atau figur yang sedang
berkembang di kalangan calon konsumen, seperti anak muda dan ibu-ibu yang gemar
berbelanja online. Sebagai contoh, sebagian besar orang Indonesia
terpikatdengan sinetron Ikatan Cinta.Sehingga, Shopee telah memilih Amanda
Manopo dan Arya Saloka sebagai protagonis sinetrondalam fitur promosi.
Hasilnya, informasi penjualan Shopee meningkat signifikan.
2. Iklan yang Ringan dan Menghibur
Ketika mendengar iklan
Shopee, hampir tidak pernah muncul iklan yang terlalu panjang atau sulit
dicerna. Shopee memiliki konsep periklanan yang ringan, menghibur namun
berkesan, tidak hanya untuk konsumen mereka tetapi untuk semua orang pada
umumnya.
3. Menggunakan Warna Brand yang Mencolok
Strategi pemasaran Shopee
ini mungkin tidak unik. Bahkan, banyak produk dan pasar lain juga menggunakan
warna-warna cerahuntuk berbisnis. Shopee memilih warna oranye yang menonjol
sebagai warna kostum nasional, sehingga banyak orang menjuluki aplikasi ini
"oranye". Seperti yang kita ketahui bersama, warna ini jarang
digunakan dalam bisnis, sehingga oranye sering diidentikkan dengan Shopee.
Shopee sendiri selalu menerapkan warna ini sebagai tema utama untuk semua
properti bisnisnya,seperti iklan bergambar, aplikasi, dan
lainnya.Mengidentifikasi bisnis dengan warna tertentu sebenarnya merupakan
strategi pemasaran yang sangat bermanfaat karena bisnis menjadi lebih mudah
diingat.
4. Memiliki Target Konsumen yang
Jelas
Dari analisis strategi
pemasaran Shopee, kita dapat memperkirakan siapa target pelanggan pasar Shopee.
jawabannya ada pada wanita, pada gadis remaja dan orang paruh baya. Tentu saja,
kita tidak dapat mengabaikan fakta bahwa kelompok ini adalah yang paling
menjanjikan dalam hal pembelanjaan.
5. Menyediakan Banyak Pilihan Promo untuk Penjual
Shopee menawarkan banyak
pilihan promosi bagi penjual untuk meningkatkan volume penjualan mereka.
Beberapa contohnya adalah promosi pengiriman gratis, diskon untuk total
pembelian tertentu, penawaran toko, dan lainnya. Selain melayani konsumen,
strategi pemasaran Shopee juga memberikan payung bagi penjual untuk
memaksimalkan ekspansi toko.
6. Memanfaatkan Momentum Spesial
Selain memberikan pilihan
promosi untuk penjual, Shopee sendiri juga menawarkan promosi untuk semua
pengguna Shopee. Fitur yang membedakan dari promosi ini adalah mengikuti jadwal
atau tanggal yang unik. Misal: Shopee Big Sale Ramadhan, Birthday Sale 12.12,
Big Sale 11.11, dll.
7. Fitur Layanan Sangat Bervariasi
Selain promosi pemasaran dan iklan, Shopee juga memanfaatkan berbagai layanan menarik untuk membuat konsumen senang. Disebut layanan game Shopee, tanam pohon Shopee dan goyangkan Shopee untuk mendapatkan koin. Penawaran yang variatifdan menarik ini berhasil menyulut antusiasme masyarakat segala usia terhadap Shopee.
Besarnya pengaruh digital
marketing diminati konsumen yang semakin meningkat di era pandemi Covid19 salah
satunya dengan terus menciptakan inovasi khususnya di bidang pemasaran dengan
menggunakan platform digital terus meningkatkan peluang penjualan. Jika ingin mencari Jasa Iklan Online Jakarta bisa hubungi kami
lebih lanjut 081294795042.

Komentar
Posting Komentar