Digital Agency Jakarta - Inilah Rahasia Menerapkan Guerrilla Marketing
Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya bahwa guerilla marketing ini merupakan suatu teknik promosi yang digunakan oleh suatu perusahaan dengan menerapkan konsep kejutan sehingga dapat menarik lebih banyak orang. Pemasaran ini juga dilakukan di tempat umum seperti event, festival, jalan raya, dan fasilitas umum lainnya. Kali ini, Digital Agency Jakarta akan membahas mengenai jenis-jenis guerilla marketing dan bagaimana cara menerapkannya dalam bisnis.
Jenis- Jenis Guerilla Marketing
Secara umum, guerilla marketing terbagi menjadi beberapa jenis yaitu:
a. Ambient Marketing
Marketing ini memanfaatkan space terbuka untuk menarik perhatian banyak orang dengan menggunakan fasilitas umum. Marketing ini memanfaatkan tempat umum seperti trotoar, mall, tempat wisata, dan sebagainya. Ambient marketing biasanya menggunakan media seperti graffiti di tembok bangunan, ataupun stiker yang ditempelkan di tiang listrik, dan sebagainya. Cara ini dapat dengan cepat menjangkau dan menarik perhatian banyak orang.
| Digital Agency Jakarta |
b. Stealth Marketing
Stealth marketing merupakan teknik marketing sembunyi-sembunyi, dimana biasanya dalam melakukan pemasaran atau iklan dibuat dengan tidak begitu kentara sehingga hanya audiens yang jeli dan fokus saja yang akan paham bahwa itu adalah iklan sebuah produk.
c. Ambush Marketing
Ambush marketing ini dilakukan dengan cara masuk ke suatu acara yang dihadiri oleh banyak audiens. Marketing ini bisa dapat menarik perhatian banyak orang dan dapat dengan mudah menyampaikan pesan promosi suatu produk.
d. Viral Marketing
Sebuah informasi dapat menjadi viral karena banyak orang yang menyebarkannya. Begitu pun dengan viral marketing yang memanfaatkan keviralan untuk memasarkan produknya sehingga cepat menyebar dan menjadi perhatian audiens.
Cara Menerapkan Guerilla Marketing Dalam Bisnis
Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menerapkan guerilla marketing dalam bisnis.
a. Kenali Audiens
Anda dapat mengenal audiens sehingga dapat mengetahui apa komten yang tepat dan cara terbaik untuk menyampaikan kontennya.
b. Sesuaikan dengan Bisnis Anda
Anda dapat menyesuaikan guerilla strategi dengan jenis bisnis, kebutuhan, sumber daya, hingga ide dalam melakukan kampanye.
c. Sesuaikan Anggaran
Jika strategi yang digunakan tepat maka bisa menghemat pengeluaran dan mendapatkan keuntungan yang berlipat.
d. Ciptakan Ide Kreatif
Dalam menjalankan guerilla marketing harus diikuti dengan ide-ide kreatif sehingga tidak adanya kesamaan dengan kampanye lainnya.
e. Siapakan Call To Actio (CTA)
Jika Anda ingin hasil yang maksimal, maka harus memiliki CTA dengan cara beragam seperti melakukan giveaway ataupun memberikan kupon diskon.
f. Buat Pesan Singkat dan Jelas
Salah satu kunci sukses dalam guerilla marketing ini terletak pada pesan yang disampaikan, Jadi, pastikan bahwa pesan yang disampaikan kepada audiens singkat dan jelas sehingga dapat mempermudah audiens untuk memahaminya.
Demikian penjelasan mengenai jenis-jenis guerilla marketing dan bagaimana penerapannya di dalam bisnis. Semoga dengan adanya artikel ini, Anda bisa menerapkannya untuk kemajuan bisnis. Jika Anda memiliki pertanyaan terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami selaku Digital Agency Jakarta dengan mengunjungi laman kami di https://theconversion.com/ atau dapat menghubungi kami di nomor 081294795042.
Komentar
Posting Komentar